Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GOKILLL 5 ORANG TERKAYA DI DUNIA VERSI FORBESS PADA AWAL TAHUN 2023

 

GOKILLL 5 ORANG TERKAYA DI DUNIA VERSI FORBESS PADA AWAL TAHUN 2023

Salah satu majalah yang selalu update mengenai orang-orang terkaya didunia adalah majalah forbess. Pada setiap tahunnya akan dirilis mengenai daftar orang yang termasuk orang terkaya didunia berdasarkan hasil atau jumlah kekayaan bersih yang ia miliki. Dengan adanya informasi mengenai daftar orang terkaya memiliki dampak positif yaitu adalah untuk memotivsi banyak orang untuk dianalisis dan ditiru. Berikut merupakan 5 nama yang termasuk dalam kategori orag terkaya didunia versi majalah forbess tahun 2023.

1.    Bernard Arnault

Chairman sekaligus CEO dari grup konglomerat LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton memuncaki posisi utama dari daftar orang terkaya di dunia tahun ini. Pria berkewarganegaraan Prancis ini mengelola lebih dari 70 brand ternama yang telah tersebar di seluruh dunia seperti Louis Vuitton, Dior, hingga Sephora. Tidak membatasi industri yang dikelola, Bernard Arnault, orang terkaya di industri fashion ini juga merambah ke pengelolaan bisnis kosmetik, wine, parfum, restoran, jam tangan, hingga hospitality mewah.  Bersama dengan 4 dari 5 anaknya, Arnault Family juga terus memperluas kerajaannya dengan salah satunya mengakuisisi brand luxury lainnya seperti brand jewelry Tiffany & Co pada tahun 2021 sebesar 15,8 miliar USD.

2.     Elon Musk


Elon Musk sang pemilik Twitter saat ini mengalami turun peringkat dari tahun lalu sebagai orang terkaya di dunia. Selain menjadi pemilik Twitter, Elon Musk juga merupakan seorang yang dikenal sebagai CEO Tesla, perusahaan mobil listrik populer di dunia. Musk yang berusia 52 tahun ini menggandakan kekayaannya dengan ikut membangun (co-founder) 6 perusahaan seperti Tesla, manufaktur pesawat ruang angkasa SpaceX, perusahaan jasa konstruksi The Boring Company, perusahaan neurotech Neuralink, Open AI, dan PayPal yang telah dijual ke eBay.   Selain mengembangkan perusahaan, Musk juga aktif berinvestasi untuk meningkatkan nilai asetnya. Portofolio investasi Elon terdiri dari saham hingga crypto. Salah satu sumber kekayaan Elon Musk yaitu saham Tesla mengambil porsi sebesar 21% dari total saham yang ia miliki.  Media Bloomberg mengabarkan bahwa Elon Musk telah kehilangan sekitar $200 miliar dolar AS (setara Rp3.400 triliun) dari total kekayaannya dalam 14 bulan terakhir.

 

3.    Gautam Adani



Berfokus pada industri infrastruktur dan komoditas, Gautam Adani kini menjadi orang terkaya di Asia 2023 dan tercatat memiliki kekayaan bersih ketiga di dunia berdasarkan list terbaru orang terkaya di dunia. Gautam Adani adalah ketua Grup Adani yang bernilai $21 miliar dolar yang menguasai berbagai pelabuhan, bandara, pembangkit listrik dan transmisi, energi hijau, minyak nabati, semen, dan real estate. Adani menguasai Pelabuhan Mundra, pelabuhan terbesar di India, di negara bagian asalnya, Gujarat. Selain itu, pada tahun 2020 ia juga telah mengakuisisi 74% saham di Bandara Internasional Mumbai, bandara tersibuk kedua di India.  Terus mengembangkan jiwa entrepreneur dalam dirinya, tahun 2022 lalu Adani mengakuisisi aset perusahaan Swiss Holcim senilai $10,5 miliar di India agar menjadi produsen semen terbesar kedua di India. 

4.    Jeff Bezos



Jeff Bezos mendirikan situs Amazon pada tahun 1994 dan membawa Amazon IPO tahun 1997. Keberhasilan situs terkemuka dunia yang lahir di Amerika Serikat ini dalam melantai di bursa efek membuat Bezos menjadi orang pertama setelah Bill Gates yang memiliki kekayaan bersih mencapai $100 miliar. Selain perusahaan multinasional Amazon yang ia bangun, Bezos juga memiliki proyek lain yaitu perusahaan media The Washington Post dan Blue Origin. Blue Origin merupakan perusahaan kedirgantaraan yang mengembangkan roket, Bezos bahkan pernah terbang ke luar angkasa pada Juli 2021. Menurut laporan Forbes Real Time Billionaires, Jeff Bezos kehilangan kekayaan sebanyak $8,2 miliar dolar atau sekitar Rp120 triliun pada pertengahan Mei 2022 lalu.

5.    Bill Gates

Berusia 68 tahun ini,Bill Gates adalah ketua Microsoft Corporation sekaligus pemimpin industri perangkat lunak dunia. Karyanya telah menjadi  layanan dan solusi yang membantu orang dan bisnis mewujudkan potensi penuh bisnis mereka. Gates secara konsisten menempati peringkat salah satu orang terkaya di dunia sejak tahun 1995. Saat ini, Gates mengalihkan fokus utamanya dari peran sehari-hari di perusahaan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di pekerjaan kesehatan dan pendidikan globalnya melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Walaupun sebagian kekayaannya diberikan ke yayasan mereka, sebagian lain dari kekayaannya dikelola melalui Cascade Investment. Bill Gates memiliki saham di puluhan perusahaan publik, termasuk Kereta Api Nasional Kanada, Deere, dan Ecolab.