Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENU BUKA PUASA YANG BISA JADI PILIHAN ANDA UNTUK BERBUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN !!!

 

5 MENU BUKA PUASA YANG BISA JADI PILIHAN ANDA UNTUK BERBUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN !!!

Sudah memasuki bulan Ramadhan ini, tentunya banyak sekali para penjual makanan atau takjil untuk berbuka puasa yang berjualan disepinggiran jalan. Banyak sekali makanan khas yang hanya ada pada bulan Ramadhan. Berikut merupakan refrensi makanan yang bisa dijadikan menu untuk berbuka puasa antara lain:

1.     Es Buah



Siapa yang tidak tahu dengan menu buka puasa satu ini. Es buah menjadi hidangan terfavorit pada bulan puasa ramadhan. Hampir dengan mudahnya kalian bisa menemukan menu ini di jual di pinggiran jalan. Sesuai dengan namanya es ini memiliki isian yang melimpah terdiri dari beberapa jenis atau aneka buah segar seperti melon, semangka, kolang-kaling, beranekaragam jelly, nanas, blewah, pepaya, selasih dan masih banyak lainnya. Kemudian diberi air gula dan susu serta sirup yang kemudian menjadi satu kesatuan dengan cita rasa yang menyegarkan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari 5000- 15.000 saja anda sudah bisa menikmati satu porsi es buah yang sangat menyegarkan.

2.     Gorengan



Gorengan menjadi menu andalan pembuka saat bulan puasa ramadhan. Siapa yang tidak mencintai cemilan sejuta umat ini. Cita rasa yang sangat ramah di lidah masyarakat, membuat gorengan memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat. Beberapa jenis gorengan yang sangat sering ditemui saat bulan ramadhan adalah tahu isi, tempe goreng, bakwan sayur, bakwan jagung, ubi goreng, risol, onde-onde dan masih banyak jenis gorengan lainnya. Harga yang ditawarkan pun relatif murah yaitu 1000 perbuah.

3.     Es Dawet



Dawet ayu adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Dawet ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Es Dawet ayu asli khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas ataupun dingin dengan menambahkan es batu. Es dawet juga dapat menjadi refrensi menu untuk berbuka puasa di bulan ramadhan. Harga yang ditawakan untuk satu porsi es dawet juga sangat murah yaitu berkisar 5000-10.000

4.     Kolak



Menu satu ini adalah menu yang bisa dikatakan seluruh masyrakat indonesia tau dan pernah merasakannya. Olahan makanan yang berbahan dasar santan dan gula merah serta isian yang beraneka ragam yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Terdapat beberapa jenis kolak antara lain kolak ubi, pisang, labu, kolang-kolang dan masih ada beberapa jenis olahan kolak lainnya. Cita rasanya yang manis dan gurih serta aroma daun pandan yang memikat hati siapa saya yang menikmatinya.

5.     Aneka Sayur Rumahan



Di setiap penjual makanan menu berbuka puasa yang berderet dipinggir jalan, tentu tidak akan ketinggalan dengan menu yang satu ini. Aneka sayur rumahan menjadi olahan makanan yang ikut terpampang di meja. Aneka sayur seperti urap, sop, gulai ikan dan ayam, sambal udang, capcay dan masih banyak jenis aneka sayur rumahan lainnya.