Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA

Berbicara mengenai keberagaman yang di Indonesia, tentu akan berkaitan dengan berbagai hal terutama makanan. Indonesia dikenal dengan surga rempah-rempahnya. Hal itu jugalah yang menyebabkan masakan-masakan Indonesia memiliki cita rasa khas yang mendunia. Selain itu Indonesia juga memiliki beragama daerah dengan budaya dan ciri khasnya masing-masing. Itulah yang menyebabkan masakan atau makanan tradisional di Indonesia juga sangat beragam. Makanan tradisional di Indonesia juga sudah terkenal di beberapa negara dikarenakan wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Berikut ini beberapa jenis makanan tradisional di Indonesia yang sangat populer di Indonesia.

1.     Rendang

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA
Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat. Siapa yang tidak tahu tentang rendang, makanan kaya akan cita rasa dan rempah yang melimpah. Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai salah satu masakan tradisional ini. Rendang biasanya berbahan dasar dagin sapi ataupun kerbau. Dimasak dengan beragama rempah-rempah dan dengan waktu memasak yang lama menciptakan rendang yang sangat bercita rasa tinggi. Bahkan dunia pun juga mengakui bahwa rendang merupakan salah satu makanan terenak didunia.

2.     Empek-Empek

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA
Empek-Empek

Selain rendang, makanan yang berasal dari sumetera yang menjadi salah satu makanan tradisional populer di Indonesia. Empek-empek lebih tepatnya berasal dari sumatera selatan. Makanan tradisional ini berbahan dasar ikan. Empek-empek di makan dengan menggunakan kuah cuka yang memiliki cita rasa asin, manis, dan juga asam.

3.     Soto Lamongan

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA
Soto Lamongan

Makanan tradisional dari daerah Jawa Timur ini kaya akan cita rasa rempah-rempah dan kesegaran yang sangat nikmat. Soto merupakan makanan yang memiliki banyak kondimen didalamnya sperti bihun, suwiran ayam, kol, toge daun bawang dan sledri, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu kaya akan rempah. Setelah itu konsumen juga dapat menanbahkan bubuk koya sebagai salah satu ciri khas dari soto Lamongan, kemudian beri sedikit perasaan jeuk limau untuk menambah kesegaran pada soto Lamongan.

4.     Papeda

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA
Papeda

Papeda merupakan makanan pokok dari Indonesia bagian timur. Masyarakat disana biasanya memakan papeda sebagai pengganti nasi. Papeda berbahan dasar dari sagu. Cara membuat papeda pun termasuk dapat dikatakan sederhana. Papeda dapat disantap dengan hidangan berupa ikan kuah kuning.

5.     Sate Madura

5 MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER DI INDONESIA
Sate Madura

Hampir diseluruh bagian wilayah di Indonesia pasti terdapat penjual sate terutama sate Madura. Dalam dunia persatean, sate madura sangat dikenal karena memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan sate-sate yang lain. Sate Madura biasanya berbahan dasar daging ayam yang kemudian dibakar hingga matang dan disiram dengan kuah kacang yang cenderung memiliki cita rasa manis dan gurih.