Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK ANAK SD

Pada saat ini Indonesia tengah menerapkan kurikulum merdeka. Pada kurikulum ini penilaian pada proses pembelajaran sangat di pentingkan atau difokuskan. Pembelajaran interaktif antara guru dan peserta didik sangat diperlukan. Salat satu alat yang dapat digunakan saat pembelajaran adalah media pembelajaran. Pada sebagian besar mata pelajaran, penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran tersebut adalah IPA. Banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan. Media pembelajaran dapat berupa visual, audio dan juga audiovisual. Berikut merupakan 5 Media pembelajaran yang dapat digunakan pada Pembelajaran IPA.

1.    Buku Pintar

5 MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK ANAK SD
Buku Pintar

Buku pintar merupakan sebuah buku yang berisi rangkuman mengenai satu fokus materi tertentu yang ingin dipelajari. Buku pintar dapat dibuat dalam bentuk 3D dan interaktif berisi gambar-gambar sesuai dengan materi pembelajaran.

2.    Maket dan Miniatur

5 MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK ANAK SD
Maket dan Miniatur

Maket merupakan sebuah bentuk miniatur dari sebuah benda yang dibuat sebagaimana bentuk aslinya. Dalam pembelajaran IPA salah satu media yang dapat digunakan adalah maket. Contohnya dalam materi planet menggunakan maket atau miniatur dari planet-planet akan menarik perhatian peserta didik untuk lebih ingin mengatahui apa yang dia liat.

3.    Video pembelajaran inovatif

Perkembangan teknologi juga berpengaruh pada proses pembelajaran. Guru harus mempu memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Salah satunya adalah menghadirkan media uyang memanfaatkan hal tersebut. Seperti guru menayangkan video secara langsung dihadapan para peserta didik dengan menggunakan bantuan LCD Proyektor. Dengan begitu, peserta didik akan memiliki beragam pengalaman yang menarik ketika belajar. Peserta didij juga tidak akan merasa bosan. Video yang menarik dan berkaitan dengan pembelajaran akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta didik.

4.    Alat peraga

Pembelajaran IPA sangat berkaitan dengan praktik ataupun proses. Pada saat melakukan praktik membutuhkan alat peraga sebagai contoh yang diberikan guru kepada peserta didik. Alat peraga sangat dibutuhkan peserta didik akan mereka dapat melihat secara langsung bagimana proses atau praktik yang dilakukan. Alat peraga digunakan pada materi-materi tingkat atau kelas tinggi, seperti pada materi mengenai pernafasan, pencernaan dan juga peredaran darah.

5.    Puzzle

5 MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK ANAK SD
Puzzle

Pada pembelajaran IPA kelas rendah, peserta didik sangat membutuhkan media yang menarik dan juga interaktif. Peserta didik pada usia tersebut sangat aktif ketika belajar, sehingga peserta didik membutuhkan media yang mengajak mereka untuk menyalurkan keaktifan mereka. Mereka bisa belajar sambil bermain.