Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Upaya Mudah dan Sederhana Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19

5 Upaya Mudah dan Sederhana Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19

Saat ini wabah virus COVID 19 telah menyerang  Indonesia. Pemerintah dan masyarakat telah berupaya untuk menghentikan penyebaran virus ini. Beberapa instruksi dari pemerintah yang harus dilakukan untuk dapat mencegah penularan virus ini Covid 19 tersebut antara lain :

5 Upaya Mudah dan Sederhana Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19
5 Upaya Mudah dan Sederhana Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19

1. Sering Mencuci Tangan  

Tangan merupakan organ gerak yang paling sering bersentuhan dengan apapun. Tangan mengandung banyak bakteri apabila kita tidak sering mencucinya menggunakan sabun. Tangan yang akan kotor akan menjadi salah satu media penularan dari virus apabia kita mendekatkannya ke area wajah seperti mulut, hidung dan mata. Mencuci tangan dengan sabun akan membunuh bakteri serta virus yang ada pada tangan.  

2. Menghindari Salaman

Karena salaman merupakan sebuah aktivitas bertemunya atau bersentuhnya tangan kita dan tangan orang lain secara langsung dimana itu dapat menjadi media penularan virus. Maka dari itu pemerintah menggalakan instruksi agar tidak berjabat tangan atau bersalaman dalam kondisi seperti saat ini. 

3. Menjaga Jarak ( Social Distancing)

Virus Covid 19 mudah tertular dalam  media apapun. Bersifat menempel pada benda dan yang lainnya. Selain mencuci tangan dengan sabun dan berjabat tangan, disarankan juga untuk menjaga jarak minima l 1 meter. 

4. Dirumah Aja

#DirumahAja saat ini menjadi anjuran yang sangat harus diperhatikan. Masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah selama kurang lebih 2 minggu untuk memutus rantai penyebaran virus Covid 19. Secara keseluruhan pemerintah telah mengambil kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan dan menggantikannya dengan belajar online di rumah. Bahkan akhir-akhir ini menteri pendidikan telah terang- terangan  menyatakan bahwa Ujian Nasional tahun 2020 ditiadakan.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

  Tubuh dengan imunitas atau  kekebalan yang baik tentu saja tidak akan mudah terkena penyakit. Banyak cara untuk menjaga sistem imunitas tubuh seperti mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga serta mengkonsumsi vitamin ataupu jamu tradisiona yang dikenal dengan manfaat bagi kesehatan.