Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan 

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
6 Jenis Sapi ternak Unggul

 Sapi merupakan hewan ternak bagi anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. sapi yang dikebiri bisa duganakan untuk membajak sawah biasanya sapi ini sering disebut dengan lembu.sapi juga dipelihara karena untuk dimanfaatkan susunya dan dagingnya akan tetapi banyak yang masih bisa di manfaatkan salah satunya kulit, jeroan, tanduk, serta kototrannya. di lain tempat seperti di jawa timur contohnya sapi banyak di manfaatkan untuk alat transpotasi ke sawah dan membajak sawah dengan kegunaan sapi yang banyak manfaatnya. sapi sudah menjadi bagian dari kehidupan dan kebudayaan manusai sejak dahulu. dan ada baiknya kalau kita juga mengetahui jenis sapi unggul yang bisa kita ternakkan, sapi apa saja tersebut mari kita simak.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan  :


6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Hereford

1.Sapi Hereford (pedaging)

  Sapi Hereford ini mempunyai karakteritik Berwarna kemerahan di bagian muka, dada, perut bagian bawah, kaki bagian bawah, dan rambut ekor berwarna putih. dengan ukuran tubuhnya sapi ini bisa mencapai Bobot 232 Kg. sapi ini memiliki pertumbuhan yang lumayan cepat dan produktivitas yang sanagat tinggi, hal ini  sapi ini banyak di minitai oleh banyak peternak. Sapi Hereford (pedaging) juga memiliki daya adaptasi yang cukup bagus dengan suhu dan iklim apa paun dan hampi tersebar di 50 Negara.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Aberdeen Angus

2.Sapi Aberdeen Angus

  Sapi Angus ini  memiliki ciri ciri antara lain tidak berpunuk dan juga tidak memiliki tanduk di keplanya. bentuk badannya yang bulan dan pendek, serta bewarna hitam,telinga pendek, incah, leher pendek, berpunggung lurus, badan padat, dan kaki-kaki kuat serta kekar. keunggulan Sapi ini Bisa Mencapai Berat badan maksimal  antara 800 kg s/d 1000 kg. Sapi ini sudah berada di indonesia  sekitar tahun 1974 yang di ambil dari selandia baru. Dengan Dagingnya yang padat banyak sapi ini disukai untuk konsumsi serat tekstur yang halus. Kesitimewaan Sapi ini dia bisa menurunkan lemaknya ke dalam daging ke anak anaknya. dengan begitu sapi pada umur 18 bulan bisa saja mencapai bobot hingga 650g.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Holstein

3.Sapi Holstein

  Sapi Holstein bisa disebut juga sapi frisia, ia merupakan salah satu sapi perah yang memproduksi susu yang sanagt banyak. Holstein di kemabangbiakan di daerah friesland, Belanda. sapi ini mememiliki tubuh yang berukuran cukup besar dengan totolnya warna hitam putih di bagian sekujur tubuhnya. sapi ini juga di kembangbiakkan di indonesia dan juga memliki keunikan di telinga dan ujung ekor yang putih. Sapi Holstein  bisa memproduksi susunya hingga 20 liter/hari.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Brahman

4.Sapi Brahman 

  Sapi Brahman merupakan merupakan keturunan Zebu yang berasal dari India lalu  masuk ke Amerika pada tahun 1849. Brahman berkembang sangat pesat di Amerika, kemudian dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. sapi Brahman menyebar ke Australia. Sapi ini memilik Ciri khasnya yaitu berpunuk besar, berkulit longgar, gelambir dibawah leher, perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Berat badan maksimal dari sapi Brahman yang  asli dari Amerika sendiri bisa mencapai 1,1 ton untuk pejantan dan juga 700kg untuk berat betinanya untuk setiap ekornya.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Simmental

5.Sapi Simmental/Metal 

  Sapi simmental ini merupakan sapi penghasil susu, akakn tetapi di indonesia ini sapi tersebut dimanfaatkan daginya jadi populer untuk di gemukkan atau dibuat menjadi sapi potong. Sapi ini memiliki ciri ciri fisiknya Bulunya berwarna kuning hingga kecokelatan, Bentuk badan Simmental ini panjang, kompak dan tentunya padat, Kepala simental umumnya bewarn putih pada bagian atasnya. sedangkan untuk berat badannya Bobot tubuh Simental jantan dewasa mampu mencapai 1.400 kg. Simmental memang tegolong dalam jenis yang berukuran besar, baki pada waktu melahirkan, penyapihan hingga dewasa. Simental Betina dewasa 600-800 kg. Pertambahan bobotnya bisa mencapai 1,5-2,1 kg/hari.

6 Jenis Sapi Ternak Unggul Yang Cocok Buat di Ternakkan
Sapi Limousine

6.Sapi limousine

  sapi Limosin merupakan sapi ternak unggul pedaging yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Limosin memiliki ciri mempunyai tubuh ukurannya yang besar serta panjang, dengan warna yang sedikit terang di bagian keliling mata dan bgaian lutut. serta pada sapi jantan memiliki tanduk yang tumbuh ke luar yang sedikit melengkung, dapat memiliki tinggi hingga 1,5 meter. sapi ini pertama kali di kembangkan di prancis, keunikan sapi ini ia tidak memiliki punuk tidak seperti sapi pada umumnya. sapi ini juga memiliki bobot yang cukup berat untuk betina bisa mencapai bobot 500kg sedangkan jantan bisa mencapai 1.100kg.Keistimewaan limosin merupakan sangat mudah tumbuh hanya dalam waktu 6-12 bulan saja, anak limosin ini sudah memiliki bobot yang sangat besar. limosin ini cocok bagi peternak .