Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menggunakan Google Webmaster Tools / Google Search Console Pada Website

5 Manfaat Menggunakan Google Webmaster Tools  / Google Search Console Pada Website 


5 Manfaat Menggunakan Google Webmaster Tools  / Google Search Console Pada Website
Google Webmaster Tool
   Sebelum melangkah ke manfaat menggunakan fitur ini adakalanya kita itu haru tau apa itu google seacrh concol dan google webamster tool. 
Google Webmaster Tools adalah alat bantu  yang disediakan oleh pihak Google untuk para publisher atau blogger agar  si website mereka lebih mudah ditemukan di search engine terutama di search engine google itu sendiri.
terus selanjutnya apa yang disebut dengan Google Search Console merupakan layanan yang disedikan kepada kita dengan  gratis tentunya yang diberikan pihak Google untuk membantu kita dalam memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs kita di hasil mesin penelusuran atau yang bisa kita sebut dengan seach engine.
5 Manfaat Menggunakan Google Webmaster Tools  / Google Search Console Pada Website
Google Search Console
Berikut  5  Manfaat yang bisa diperoleh dari Google Webmaster Tools  &  google Search Console :

1.Tools/Alat yang dapat Meningkatkan Page Rank pada Website Kita.

   Google Webmaster Tools bisa menolong Kita untuk melakukan peningkatan page rank di mesin penelusur Google. hal  tersebut dapat dilakukan dengan  penyempurnaan pada sisi HTML. Penyempurnaan HTML yang dimaksud ialah dengan menghapus link yang ada di website kita yang  bersifat toxic atau menggangu semacam broken link atau link yang rusak. Selain itu kita dapat juga melakukan penghapusan konten, duplikat pada  meta deskripsi dan memperbaiki  judul postingan atau heading tag yang belum ada pada postingan.

2.Alat yang  Memberikan Data Akurat Mengenai Aktivitas Website Kita.

   Dengan alat Google Webmaster Tools Kita bisa dengan mudah melihat grafik terkait  website kita salah satunya kesalahan pada crawl, server dan URL. Selain itu, Kita juga bisa mengetahui URL atau link mana saja yang dicekal / diblok  (biasanya dikarenakan kesalahan pengaturan di website). Kita juga bisa mengetahui jumlah URL atau link alamat pada website kita  yang diindeks  atau yang masuk pada mesin pencari Google. Serta,Berapa banyak keyword / kata kunci yang dipakai oleh pengunjung saat mengunjungi website hal itu juga dapat kita ketahui.

3.Tools  atau Alat yang Dapat Mengevaluasi Kinerja atau performance pada Website Kita

   Salah satu lagi fitur dari Google Webmaster Tools yaitu kita bisa melihat seberapa cepat loading page web kita saat diakses oleh pengunjung. Tak hanya itu, Kita juga bisa lihat perbandingan kecepatannya dengan website lain yang ingin kita comparaee. Data tersebut berasal dari history graphic. Jadi, kecepatan loading page website kita bisa diketahui dengan pasti. hal ini sangat bermanfaat mengingat dimana mesin penelusur google menjadikan kecepatan page loading kita sebagai faktor penentu dalam page rank score.

4.Dapat Mendeteksi Malware  atau Virus Berbahaya bagi Website Kita

   Bila website Kita sudah kita daftarkan di Google Webmaster Tools dan sudah terverifikasi, Google bisa memberitahukan kepada kita apakah dalam website kita terdapat virus atau malaware yang bersarang. Webmaster Tool juga akan memperlihatkan segala aktivitas  pada web kita yang dianggap mencurigakan dan membahayakan.

5.Tools yang dapat Memungkinkan Kita untuk Melakukan Konfigurasi dan optimasi Pada website

   Memungkingkan kita untuk mengatur wilayah yang kita inginkan atau ditargetkan . serta, Kita juga bisa mengatur parameter dari URL Kita, site link, dan beberapa bagian lain agar membuat data analisis yang dihasilkan oleh  Google Webmaster Tools lebih akurat dan terjamin. Jadi, alakah baiknya Kita tidak asal dalam memasukkan informasi pada setiap kolom-kolom yang diignginkan oleh Google Webmaster Tool.