Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WOW TERNYATA TANAMAN INI YANG BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PESTISIDA NABATI!!!

 

 TANAMAN YANG BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PESTISIDA NABATI

Sebagai manusia yang hidup di bumi kita harus mencintai lingkungan dengan menjaga ekosistem lingkungan dan juga melestarikan lingkungan. Nah untuk mengimplementasikan hal tersebut kita harus pandai memilih dan mimilah bahan bahan yang aman untuk lingkungan sekitar kita.

Hai sobat pecinta tanaman, kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah pestisida. Ya Pestisida adalah sebuah cairan atau obat yang dapat digunakan untuk membasmi hama tanaman. Kalian bisa membuat sendiri pestisida alami sendiri di rumah. Selain murah dan mudah dibuat, pestisida alami juga lebih aman digunakan dari pada pestisida yang mengandung kimia. Nah kali ini mimin akan membagikan informasi kepada kalian semua tanaman aja apa saja dan cara untuk membuat pestisida nabati. Yuk Simak berikut penjelasannya.

1.       Mengkudu



Hayo siapa yang belum tahu tentang buah mengkudu. Nama latin mengkudu adalah Morinda Citrifolia. Buah mengkudu yang masih muda memiliki warna hijau mengilap dan apabila sudah tua akan memiliki warna putih serta terdapat bintik-bintik hitam. Sebagian besar orang tidak begitu suka dengan aroma yang dimiliki buah mengkudu ini. Buah mengkudu dapa dijadikan pestisida nabati karena mengandung zat seperti xeronin, Proxeronin, Scopoletin, dan Antraquinan.

Cara untuk membuatnya:

1.   Blender mengkudu yang sudah matang, beri sedikit air menyesuaikan agar tidak kesulitan ketika memblender,

2.       Kemudian saring mengkudu yang telah diblender tadi

3.       Masukkan kedalam botol dan diamkan selama 1 hari

4.       Jika sudah di diamkan selama 1 hari kemudian cairan bisa dimasukkan kedalam sprayer dan semprotkan pada tanaman sayuran atau sebagainya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

2.       Cabai



Kalian pasti terkejut ternyata cabai selain digunakan sebagai bumbu masak untuk menambahkan citra rasa pedas ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pestisida nabati. Cabai merah atau bahasa latinnya capsicum annum l, memiliki kandungan yang bernama capsaisin yang dapat digunakan sebagai pestisida alami pembasmi hama. Berikut cara membuat pestisida nabati menggunakan cabai.

1.       Haluskan cabai dan tambahkan air.

2.       Kemudian biarkan semalaman

3.       Setelah itu saring dan campurkan sedikit dengan sabun cuci piring dan masukkan kedalam botol semprot. Lalu semprotkan pada tanaman.

Kalian juga harus memperhatikan bahwa sabun cuci yang dipakai tidak mengandung pemutih. Fungsi dari sabun ini adalah untuk sebagai bahan perekat pestisida tersebut.

3.       Bawang Putih



Bawang putih adalah bumbu masakan yang pasti digunakan hampir disetiap masakan. Bawang putih memiliki aroma dan cita rasa khas yang dapat meningkatkan nafsu makan. Ternyata selain menjadi bumbu masakan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai pestisida alami. Bawang putih mengandung alkaloid, allicin, flavonoid, saponin, tannin dan sulfur yang bermanfaat sebagai pestisida alami. Cara membuat pestisida alami berbahan dasar bawang putih adalah sebagai berikut.

1.       Blender bawang putih sebanyak 3 siung

2.       Masukan air sebanyak 3 gelas

3.       Kemudian saring dan masukkan kebotol. Tambahkan sedikit minyak sayur sebagai bahan perekat

4.       Diamkan selama semalam

5.       Dan pestisida alami pun siap digunakan dan disemprotkan kepada tanaman

Berikut merupakan 3 bahan alami yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Sobat pencinta tanaman harus meperhatikan waktu penyemprotan pestisida. Sebaikanya disemprotkan sebanyak 2-3 kali seminggu dan dipagi hari dimana matahari belum begitu terik. Karena apabila disemprotkan dalam cuaca yang panas maka tumbuhan akan menjadi kering karena efek panas dari pestisida tersebut.