Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 TIPS LULUS PPPK GURU TAHUN 2024, KALIAN WAJIB BACA SEKARANG!

 

5 TIPS LULUS PPPK GURU TAHUN 2024



Hai para guru honorer Indonesia, semoga guru-guru di Indonesia masih tetap semangat demi mendidik generasi penerus bangsa. Bukan rahasia lagi bahwa tingkat kesejahteraan guru di Indonesia masih sangatlah rendah, masih banyak sekali guru honorer daerah yang sampai saat ini belum menerima honor yang sesuai. Bahkan berbulan-bulan mereka tetap bertahan mengajar penuh dengan senyuman dan semangat.

Namun dewasa pemerintah tengah memprioritaskan untuk mengatasi masalah dan penuntasan honorer khusunya para guru dan juga pekerja di berbagai dinas instansi pemerintahan. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru adalah melakukan pengadan PPPK disetiap tahunnya. Mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah PPPK yang memiliki singkatan dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

Pada tahun ini pemerintah kembali lagi mengadakan penerimaan PPPK dan juga CPNS bahkan hingga 3 periode sekaligus. Nah bagi kalian para honorer, ini merupakan kesempatan yang bagus dan jangan sampai terlewatkan. Berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk dapat lulus PPPK guru tahun 2024. Yuk Simak apa saja sih tipsnya:

1.      Selalu Update Berita



Tidak dapat dipungkiri pada zamam sekarang yang serba teknologi dengan akses internet yang sangat ceoet, masyarakat dapat memperoleh informasi dari mana saja dan kapanpun. Nah bagi kalian para honorer sangat penting sekali untuk selalu update dengan mengakses berita terbaru dan terpercaya di berbagai media sosial yang ada. Kalian dapat mengikuti berita terbaru melalui twitter, Instagram, Facebook dan juga media sosial lainnya.

2.      Persiapan Berkas dan Belajar

Dalam pembukaan PPPK tentunya tedapat beberapa tahap diantaranya terdapat administrasi, uji komptensi dan nantinya baru akan masuk pada tahap penentuan NIPPK. Pada Tahap seleksi administrasi PPPK terdapat beberapa berkas yang harus kita siapkan mulai dari sekarang antara lain:



·         Scan KTP

·         Scan Ijazah Terakhir

·         Scan Transkip Nilai

·         Scan KK

·         Scan Surat Lamaran

·         Serta beberapa dokumen pendukung lainnya.

Setelah dinyatakan lolos pada tahap administrasi, maka akan lanjut pada tahap uji kompetensi. Pada tahap ini terdapat 4 komponen yang harus diperhatikan yaitu terdapat kompetensi manajerial, teknis, sosial kultural dan juga wawancara.  Kita harus persiapkan sebaik mungkin dari beberapa bulan sebelum seleksi dengan memperbanyak mengerjakan latihan-latihan soal tentang 4 Kompetensi tersebut. Kalian juga bisa mengikuti tryout atau les untuk mempersiapkan seleksi PPPK.

3.      Membentuk Group atau Komunitas Belajar

Untuk memaksimalkan persiapan dalam seleksi PPPK tahun 2024, sangat penting apabila kita bisa bergabung pada group atau komunitas belajar yang juga mengarah untuk persiapan seleksi PPPK. Dengan adanya group maupun komunitas belajar kita bisa menjadi lebih cepat dapat memperolah infomasi terbaru terkait PPPK. Dan juga kita bisa membangun relasi untuk menambah semangat dan motivasi.



4.      Berdoa dan Terus Berusaha



Apapun yang direncanakan oleh manusia tentunya semua bisa terjadi karena berkat dari Allah SWT. Sebagai manusia yang memiliki Tuhan maka kita harus selalu terus berdia dan juga berusaha. Menerima segala bentuk takdir yang Allah tetapkan kepada manusia. Terus Bertawakal kepada Allah. Terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan khususnya dalam hal ini antara lain:

·         Melakukan sholat Tahajud

·         Membaca Al Awaqiah dan Ar Rahman setelah sholat shubuh

·         Memperbanyak sholawat

·         Memperbanyak sedekah

5.      Tetap Optimis dan Jangan Putus Asa



Terkadanh memang semua tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun tentu saja kita tidak boleh menyerah dan putus asa. Kita harus selalu optimis dan berusaha keras untuk dapat mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Meminta doa orang tua dan selalu memuliakannya menjadi salah satu kesuksesaan kita hidup di dunia dan akhirat.

Salam Pejuang PPPK tahun 2024!!