Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 NEGARA DENGAN PENDUDUK MUSLIM TERBANYAK DI DUNIA TAHUN 2024

 

5 NEGARA DENGAN PENDUDUK MUSLIM TERBANYAK DI DUNIA

TAHUN 2024

Nah sobat sekalian, agama Islam merupakan agama terbesar didunia. Nah kali ini kita akan membahas negara-negara mana saja sih yang memiliki penduduk muslim terbanyak didunia. Berdasarkan laporan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang bertajuk The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2024, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Selain menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia, Indonesia juga menjadi negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Bahkan Indonesia bisa mengalahkan negara Arab Saudi. Namun Indonesia bukanlah satu satunya negara dengan penduduk muslim terbanyak masih terdapat banyak negara dengan populasi muslim.

Negara Vatikan merupakan satu-satunya negara yang tidak memiliki populasi muslim di dunia. Sementara, negara dengan populasi muslim paling sedikit di dunia yaitu Tokelau yaitu dengan populasi kurang dari 2 jiwa atau 0,1% dari total penduduknya.

Berikut 10 negara dengan populasi muslim terbanyak dunia pada 2023 menurut laporan RISSC:

  1. Indonesia




RISSC mencatat, jumlah populasi muslim di Indonesia mencapai 240,62 juta jiwa pada 2023. Jumlah ini setara 86,7% dari populasi nasional yang totalnya 277,53 juta jiwa. Agama Islam sendiri diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke VII. Banyak juga tokoh-tokoh Agama Islam terkemuka yang lahir dan berasal dari Indonesia.

  1. Pakistan



Pakistan menempati urutan kedua negara dengan populasi muslim terbanyak setelah Indonesia yaitu sebanyak 232,06 juta jiwa atau sekitar 96,5% dari total populasi di negaranya.


  1. India


Meskipun India terkenal sebagai negara yang sangat kental dengan agama Hindunya, namun siapa sangka jika Islam menjadi agama terbesar kedua di negara berkembang itu. Inilah yang membuat India di urutan ketiga negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Jumlah populasi muslim sebanyak 211 juta jiwa atau 14,6 persen dari total penduduk India yang berjumlah 1,4 miliar jiwa.

 

 

 

  1. Bangladesh




Bangladesh menjadi Negara di urutan keempat dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Populasi warga Muslim di Bangladesh sebanyak 154,97 juta jiwa atau 90,6 persen dari total penduduknya. Islam menjadi agama dominan di Bangladesh. Sebagian besar penduduknya Muslim Sunni, meskipun ada pula minoritas Muslim Syiah dan kelompok agama lain.

 

  1. Nigeria




Nigeria yang terletak di benua Afrika menempati posisi kelima negara dengan muslim terbesar di dunia. Jumlah penduduk Muslim di negara itu 120,9 juta jiwa atau 53,4 persen dari jumlah seluruh warga negaranya.